Jumat, 07 November 2008

Google Membaca Gelombang Otak untuk Optimisasi Iklan YouTube

Google bersama dengan MediaVest akan merilis infomasi mengenai kualitas iklan yang dinilai dari menganalisa gelombang otak dan respon psikologi penonton iklan pada konten video. Ini merupakan hal yang menarik yang saya rasa belum banyak dilakukan sebelumnya. Teknologi ini dapat diterapkan untuk secara akurat dan ilmiah mengukur efektif atau tidaknya sebuah kampanye iklan, dilihat dari sudut pandang penonton.

Yaakov Kimelfeld dari MediaVest dan Leah Spalding dari Google memberikan presentasi tentang hasil akhir dari eksperimen ini yang merangkum tingkat perhatian, reaksi emosional dan metrik psikologi lainnya dari penonton saat menonton sebuah iklan YouTube.

Google, dengan bantuan NeuroFocus mengukur hal-hal seperti respon kulit, gerakan mata, dan pindai otak EEG pada partisipan survei ini. EEG lebih portabel dan mudah diterapkan, namun kurang akurat dalam mengukur gelombang alpha dan beta pada otak dibandingkan dengan metode umum lain yang mengharuskan Anda berbaring di dalam sebuah mesin.

Cara pengukuran efektivitas iklan


Mereka sampai pada tiga buah kesimpulan mengenai iklan pada video:
  1. Iklan InVideo overlay cukup efektif
  2. Iklan InVideo overlay menambah pengalaman pengguna
  3. Iklan InVideo overlay menambah respon positif pada produk
Kesimpulan akhir riset


InVideo overlay adalah penampilan iklan di bagian bawah video tanpa menghentikan pemutaran video seperti yang dilakukan saluran televisi hari ini.

Contoh inlay video ads


Hasil riset menunjukkan bahwa cara penampilan iklan tradisional dalam video sangat mengganggu para penonton (bukankah banyak dari kita berpindah saluran televisi saat iklan ditayangkan?). Cara penayangan iklan YouTube ini lebih tidak intrusif dan terbukti meningkatkan respon pengguna terhadap produk. Saya berharap cara ini dapat digunakan sebagai cara penayangan iklan standar di video mainstream.

Klik di sini untuk sumber artikel.

Tidak ada komentar:

Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007