Sabtu, 07 Februari 2009

Batasi Berkomputer


Buat kamu yang keranjingan main komputer dan betah berjam-jam di depan komputer hati-hati dengan kesehatanmu. Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Dunia WHO, sekitar 42 - 90 persen pemakai komputer rawan gangguan kesehatan terutama mata. Nggak cuma mata, gangguan kesehatan lainnya seperti pusing, mudah lelah dan kejang otot juga bisa muncul. Kalau ada di antara kamu pernah mengalaminya, jangan sepelekan. Segera ubah pola berkomputermu.

Langkah pertama, benahi tempat komputermu dengan tepat. Sekarang banyak dijual meja komputer lengkap sama kursinya dan bagian-bagian buat naruh keyboard, CPU serta monitor. Untuk kesehatan mata, pilih monitor yang beresolusi tinggi agar mata kamu nggak mudah capek.

Letakkan monitor sejajar dengan pandanganmu atau sedikit ke bawah, kira kira 0 - 15 derajat vertikal di depan mata dengan jarak rentang 50 - 70 cm. Pastikan juga penerangan di ruanganmu sekitar 300 - 700 lux, kalau kamu berkomputer di malam hari tambah lampu meja.

Kesehatan tangan jangan abaikan. Agar kejang otot pada tangan berkurang, sewaktu mengetik usahakan letak keyboard lebih rendah dari monitor, dan mouse jangan jauh-jauh dari keyboard. Sering-seringlah pakai tombol "shortcut", selain nggak mudah capek juga menghemat waktu.

Urusan kursi juga penting, pakai kursi yang pas dan nyaman buat pantat dan punggungmu. Usahakan punggungmu selalu tegak, ini erat kaitannya sama pertumbuhan tulang punggungmu. Kebiasaan duduk agak membungkuk, atau nyandar seenaknya, bisa berakibat buruk bagi saraf dan tulang punggungmu.

Nah, beberapa hal untuk terhindar dari sakit akibat berkomputer udah kamu ketahui, tinggal satu lagi yang musti kamu lakukan. Setelah lebih dari 1 - 2 jam kamu berturut-turut main komputer, istirahatlah sekitar 10 - 20 menit. Kamu bisa relaksasi, memejamkan mata atau regangkan otot kaki, tangan dan leher. Ingat ! Tubuh dan mata juga butuh istirahat. Berkomputer ria boleh-boleh aja, lebih bijak kalau kamu menomorsatukan kesehatan.





Tidak ada komentar:

Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007