Rabu, 30 Juli 2008

Hindari Bau Mulut, Hindari Penyakit












Foto : google.com/image
Bau napas tak sedap terkadang identik dengan pemnyakit tertentu. Namun, berbagagai macam penyakit juga bisa disebabkan oleh bau napas tak sedap. Cobalah langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi atau mencegah bau napas tak sedap:
  • Sikat gigi Anda setelah Anda makan. Bawalah sikat gigi ketika bekerja agar Anda bisa menyikat gigi setelah makan.
  • Gunakan dental floss paling tidak satu kali sehari. Penggunaan floss yang baik dapat menghilangkan partikel-partikel makanan dan plak dari sela-sela gigi.
  • Sikat lidah Anda. Dengan menyikat lidah Anda dengan baik akan menghilangkan sel-sel mati, bakteri, dan sisa-sisa makanan. Gunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut dan sikat lidah Anda paling tidak lima sampai 15 gerakan. Berikan perhatian lebih pada bagian tengah ketiga lidah, di mana sebagian besar bakteri menumpuk.
  • Bersihkan gigi palsu Anda dengan baik. Jika Anda menggunakan gigi palsu dengan jembatan atau sebagian atau keseluruhan, bersihkan dengan benar paling tidak satu kali sehari atau seperti yang direkomendasikan oleh dokter gigi Anda.
  • Banyak minum air. Untuk menjaga mulut Anda agar tetap lembab, pastikan Anda mengonsumsi banyak air putih, bukan kopi, minuman ringan, atau alkohol. Mengunyah permen karet (lebih baik jika yang tanpa gula)
    atau mengisap permen (lebih baik yang tidak mengandung gula) juga akan merangsang air liur, membersihkan partikel-partikel makanan dan bakteri. Jika Anda memiliki mulut kering yang kronis, dokter gigi Anda atau dokter umum Anda akan memberikan air liur buatan atau pengobatan mulut yang menstimulasi pergerakan air liur.
  • Gunakan sikat gigi yang agak baru. Gantilah sikat gigi Anda setiap tiga sampai empat bulan, dan pilih sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut.
  • Jadwalkan pemeriksaan gigi secara rutin. Paling tidak dua kali setahun, temui dokter gigi Anda untuk mendapatkan tes dan pembersihan gigi atau gigi palsu Anda.

Anda bisa mengajari anak-anak usia sekolah Anda untuk menyikat dan menggunakan floss untuk gigi mereka secara teratur dan menyikat lidah mereka untuk mencegah bau napas tak sedap. Bagaimanapun, jangan biarkan
anak-anak menggunakan obat kumur, sebab kebanyakan produk obat kumur mengandung alkohol dan dapat beresiko bagi jika tertelan.


diundu dari http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat


Blogger Templates by OurBlogTemplates.com 2007